General TRADING, Jasa Emkl dan EMKU, Forwarding, PPJK, Customs Clearance, Under name export import

Select Language

On August 30, 2016 by CUTE ANIMAL TV in ,
impor barang melalui udara sangat ideal untuk memenuhi kebutuhan mendesak sehingga butuh waktu cepat, namun relatif mahal jika dibandingkan pengiriman melalui laut. Dengan demikian selain kecepatan dari segi volume ataupun bobot akan menjadi pertimbangan selanjutnya. dengan jaringan luas baik pengirim, agen pengiriman dan kepabeanan dengan bantuan IT canggih dapat memonitor (tracking) pengiriman setiap saat.

Pengiriman barang via cargo udara atau transportasi udara di dalam dunia logistik berkembang dengan pesat, hal ini disebabkan karena moda transpotasi udara mempunyai kelebihan dibandingkan dengan moda transportasi lain.

Kelebihan dari pengiriman barang via cargo udara antara lain:
  • faktor jelajah dan kecepatan.
  • Mendukung konsep Just In Time.
  • Lead-time economy yang lebih singkat.
  • Tuntutan terhadap kelaikan barang tidak terlalu tinggi karena proses pengiriman barang yang cepat.
Tetapi di sisi lain, penggunaan transportasi udara juga mempunyai keterbatasan sebagai berikut:

  • volume atau kubikasi barang yang diangkut terbatas.
  • berat atau tonase barang dibatasi.
  • sensitif terhadap situasi dan kondisi cuaca, begitu pula sekuriti dan keselamatan penerbangan.
  • waktu loading-unloading  sangat singkat.
Daya angkut pesawat dinyatakan dalam satuan berat(ton) sedangkan volume dinyatakan dalam m3(meterkubik).

Ketersediaan layanan angkutan udara antara lokasi satu dengan yang lain tidak selalu sama. beberapa faktor antara lain kargo dan fasilitas kebandarudaraan. Pesawat berkapasitas besar mampu mengangkut banyak barang, akan tetapi harus didukung oleh fasilitas bandar udara.

Di dalam sistem pengangkutan udara dikenal air hubs dan spoke. Hubs sebagai tempat simpul konsolidasi kargo, sedangkan spoke sebagai titik pengumpul(feeder). Hub terletak pada posisi yang strategis, berada dalam rute internasional berjarak jauh, serta melayani pesawat berbadan lebar sehingga ongkos pengangkutan lebih efisien.

Dari aspek penggunaan armada atau pesawat, biasanya yang digunakan adalah pesawat-pesawat lama yang sebelumnya digunakan untuk mengangkut penumpang dan dialihfungsikan menjadi pesawat kargo. Meski ada juga perusahaan jasa kargo udara yang menggunakan pesawat baru untuk menjalankan operasional pengiriman udaranya. Penggunaan pesawat penumpang sebagai armada untuk kargo udara berkaitan dengan load cargo. Di dalam bisnis transportasi udara, seringkali didapati kursi kosong penumpang, dengan pertimbangan bisnis, maka kapasitas kursi kosong tersebut di pakai untuk kargo udara.
Reaksi: